Berdakwah Dengan Hati

Kamis, 04 Februari 2016

Wajib Tahu! Buatlah Dinding Antara Dirimu dan Neraka dengan Amalan Sederhana ini

Berdakwah - Rasulullah pernah bersabda buatlah dinding antara dirimu
dan neraka dengan amalan ini. Meskipun amalan ini terlihat sangat mudah dan kecil tapi imbalannya sangat besar. Amalan ini adalah salah satu amalan baik yang dicontohkan oleh Rasulullah agar umatnya juga melakukan hal yang serupa atas ridho Allah. Simaklah amalan yang dimaksud.

 Wajib Tahu! Buatlah Dinding Antara Dirimu dan Neraka dengan Amalan Sederhana ini
Sumber: Kumpulanmisteri.com
Nabi Muhammad adalah Rasul kita. Beliau adalah makhluk paling mulia yang ada di muka bumi ini. Beliau memiliki sifat-sifat yang sangat mulia sehingga patut menjadi suri tauladan bagi seluruh umat manusia. Berbagai amalannya dijadikan sunnah sehingga jika kita melakukannya akan mendapatkan imbalan kebaikan. Setiap amalan baik sekecil apa pun itu, Allah pasti membalasnya dengan kebaikan pula.


Terdapat satu amalan yang sangat dahsyat imbalannya, bahkan diriwayatkan ketika Nabi Muhammad melakukan amalan itu, beliau melakukan layaknya angin, bahkan lebih kencang dari itu. Maksud dari angin itu sendiri adalah dapat dilakukan dengan berbagai cara atau jalan dan dilakukan dengan segera.

Nabi telah mengajarkannya amalan ini sehingga diteladani oleh para sahabatnya, yakni Abu Bakar, Umar, Ustman, Abdurrahman dan masih banyak lagi, bahkan amalan ini tetap bertahan hingga generasi selanjutnya. Dalam sebuah riwayat, dijelaskan bahwa amalan ini dapat membuat dinding antara kita dan neraka. Lalu apa sebenarnya, amalan yang dimaksudkan?

Sebuah dalil menjelaskan bahwa sebutir kurma dapat membuat dinding penghalang antara kita dan neraka. Oleh karena itu, akan menjadi kebaikan yang luar biasa jika kita melakukannya.

Sedekah merupakan salah satu amalan yang cukup mudah namun sebenarnya sulit. Apabila kita melakukannya secara lahiriah saja, maka sedekah akan menjadi lebih mudah. Namun, jika kita melakukannya secara hakiki maka kita harus menyertakan hati ikhlas tanpa mengharap suatu imbalan apa pun. Hal inilah yang menjadikan amalan sedekah sulit. Amalan ini dapat menjadi salah satu penolong kita di hari akhir kelak jika melakukannya dengan ikhlas. Inilah manfaat sedekah menurut Islam ketika hari akhir sebagai penolong.

Sedekah kurma inilah yang akan membantu kita dalam menghindari siksaan api neraka. Kurma adalah salah satu buah yang namanya terdapat di dalam Al-Qur’an dan Rasulullah pun menyukai buah ini karena rasanya yang manis. Bahkan ketika berpuasa, kurma adalah makanan yang sangat dianjurkan untuk dimakan. Hal ini terdapat dalam hadits keutamaan sedekah.

Sebuah dalil ada yang menganjurkan untuk sedekah sebagian kurma, dan ada juga yang menganjurkan sedekah sebutir kurma. Hal ini menunjukkan bahwa Allah tidak hanya memandang jumlah dari apa yang kita sedekahkan, tetapi melihat apakah kita ikhlas melakukannya. Tak hanya orang kaya yang dapat melakukan amalan ini. Orang yang miskin pun bisa melakukan amalan ini meskipun hanya sebutir kurma. Melalui sedekah ini, akan membantu orang lain yang lebih membutuhkan. Selain itu, siapa yang ingin masuk ke dalam neraka, pastilah tidak ada. Oleh karena itu, kita harus berusaha sebisa mungkin agar tidak masuk ke dalam neraka melalui amalan-amalan baik yang telah dicontohkan oleh Rasulullah. Inilah hikmah sedekah dalam islam yang sangat besar.

Sebagai seorang muslim, kita harus senantiasa berlomba-lomba dalam kebaikan, salah satunya adalah dengan sedekah. Satu hal yang paling penting dalam amalan ini bukan terletak pada kuantitasnya, tetapi kualitasnya. Maksud dari kualitasnya adalah keikhlasan dalam melakukan hal ini.
Sumber: Kumpulanmisteri.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Wajib Tahu! Buatlah Dinding Antara Dirimu dan Neraka dengan Amalan Sederhana ini