Berdakwah Dengan Hati

Senin, 22 Februari 2016

Astaghfirullah! Hindari Menjadi Tipe Suami Seperti Ini Karena di Kecam Rasulullah

Berdakwah - Siapa yang tidak pernah merasakan cemburu? Cemburu adalah sifat manusiawi yang ada dalam diri seseorang yang muncul ketika ada orang lain hendak mengambil haknya. Rasa cemburu sering muncul dalam hal berpasangan atau berumah tangga. Cemburu itu baik adanya karena cemburu adalah bagian dari cinta. Seringnya, seorang istri lebih mudah tersulut rasa cemburu. Sedangkan seorang suami sangat jarang menunjukkan rasa cemburu kepada istrinya. Untuk para istri, inilah tipe suami yang dikecam oleh Rasulullah.

Astaghfirullah! Hindari Menjadi Tipe Suami Seperti Ini Karena di Kecam Rasulullah

Astaghfirullah! Hindari Menjadi Tipe Suami Seperti Ini Karena di Kecam Rasulullah
Tidak hanya istri yang wajib cemburu kepada suami. Seorang suami pun wajib hukumnya untuk memiliki rasa cemburu kepada istri. Seperti diketahui, dalam Islam dinyatakan ada tiga tipe laki-laki yang tidak diijinkan masuk surga yaitu, peminum minuman keras, laki-laki yang durhaka terhadap orang tua, dan dayyuts. Dijelaskan oleh Rasulullah, dayyuts adalah tipe laki-laki atau suami yang tidak peduli terhadap ketidakbaikkan yang terjadi di dalam keluarganya.

Cemburu menurut pandangan Islam menjadi sangat baik ketika rasa cemburu itu berada pada tempat yang benar, bukan cemburu yang salah dan membabi buta. Selain tidak pernah memiliki perasaan cemburu terhadap istrinya, terkadang seorang suami tipe dayyuts ini juga tidak keberatan ketika sang istri mencoba menarik perhatian dari laki-laki lain atau bahkan digoda oleh laki-laki lain. Hal ini sangat tidak dibenarkan, karena itulah seorang suami yang sholeh harus menyadari betapa mulianya bila ia cemburu kepada istrinya. Cemburu dalam Islam adalah wujud kepedulian suami terhadap kehormatan dan harga diri istrinya. Hal itu memang benar, asalkan jangan berlebihan dan menunjukkan sikap yang membabi buta.

Betapa Mulianya Rasa Cemburu Seorang Suami
Banyak hal-hal mulia yang terkandung dalam cemburu menurut pandangan Islam. Suami yang cemburu tidak akan suka bila melihat istrinya tidak menutup aurat. Dengan tegas seorang suami harus meminta kepada istrinya untuk menutup auratnya demi memenuhi kewajiban sebagai seorang muslimah. Suami yang baik akan merasa cemburu dan tidak suka bila mengetahui keluarganya melakukan perbuatan-perbuatan yang melanggar hukum-hukum syariat. Suami yang mulia akan cemburu bila ada laki-laki lain yang menggoda istrinya karena istrinya adalah sepenuhnya milik dan haknya. Maka di dalam pernikahan cemburu itu diperbolehkan asal tidak berlebihan, salah, dan membabi buta.

Para ulama berpendapat, perasaan cemburu yang timbul dalam hubungan suami istri hendaknya diikuti dengan jernihnya akal sehat. Sehingga kecemburuan itu menjadi sesuatu yang mulia. Melalui karyanya, secara sederhana Syekh Ibrahim menegaskan bahwa hakikat dari rasa cemburu adalah bersih. Cemburu menurut pandangan Islam adalah cemburu yang jauh dari nafsu duniawi. Dalam bahasa Arab, cemburu diistilahkan sebagai ghirah. Ada dua macam ghirah. Ghirah yang pertama disebut ghirah lil mahbub, yaitu rasa cemburu untuk membela orang yang dicintai. Ghirah yang kedua disebut ghirah ‘alal mahbub. Ghirah ini lah yang menjelaskan tentang rasa cemburu terhadap orang lain yang juga mencintai orang yang dicintainya. Suami yang memiliki ghirah seperti inilah yang disebut sebagai suami terpuji karena ia betul-betul menjaga apa yang sudah menjadi miliknya.

Suami yang tidak memiliki cemburu, inilah tipe suami yang dikecam oleh Rasulullah. Meski dibolehkan, rasa cemburu tetap mempunyai batas. Jangan sampai kecemburuan yang salah justru merusak kebahagiaan rumah tangga yang sudah diciptakan. Sejauh mana rasa cemburu itu muncul, pasangan suami istri harus mampu mengelolanya dengan baik supaya tidak menimbulkan cacat cela dalam rumah tangganya apalagi sampai berpengaruh kepada anak-anak.
 
Sumber: Kumpulanmisteri.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Astaghfirullah! Hindari Menjadi Tipe Suami Seperti Ini Karena di Kecam Rasulullah